Bagi para kaum 90an pastinya sudah mulai mengikuti pemilihan umum khususnya Presiden sebanyak beberapa kali. Dan tentunya jika kamu hitung berapa kali pak Prabowo sudah mengikuti pemilihan Presiden. Di kesempatan kali ini akan coba membahas rekam jejak Prabowo Subianto, eks anggota Militer Elite yang tengah berupaya bisa menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Terhitung memang sudah 14 tahun total pemilik perusahaan dari Nusantara Group ini mengikuti ajang pemilihan paling bergengsi ini. Yang tercatat sejak pilpres tahun 2004 silam.

Saat itu Indonesia pada akhirnya resmi menunjuk Susilo Bambang Yudhoyono sebagai RI 1 dan Jusuf Kalla sebagai RI 2. Pada saat itu Pak Prabowo belum memegang kendali Partai Gerindra, dan masih berada di bawah naungan Partai Golkar.

Berikut Rekam Jejak Bapak Prabowo Subianto

Tahun 2004 – Rekam Jejak Prabowo Subianto

Rekam Jejak Prabowo Subianto Menuju RI 1 a

Ini menjadi kali pertama bagi Prabowo Subianto maju di Pemilu pemilihan Presiden yang saat itu dirinya menjadi Capres dari Golkar.

Namun hingga pada akhirnya harus tersingkir, karena dirinya kalah bersaing dengan rekan di Militer, Bapak Wiranto. Yang saat itu maju menjadi calon Presiden dari Partai berlogo Pohon Beringin tersebut bersama Salahudin Wahid yang menjadi Calon Wakil Presiden.

Tahun 2009 – Rekam Jejak Prabowo Subianto

Rekam Jejak Prabowo Subianto Menuju RI 1 b

Pada tahun ini menjadi kali kedua bagi Bapak Prabowo Subianto untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia. Dan kali ini dirinya memutuskan menggunakan partai usungannya sendiri.

Saat itu Prabowo memutuskan membuat Partai Gerindra dan dirinya menjadi ketua umum Partai tersebut. Pada awalnya Prabowo siap melaju ke pilpres bersama dengan ketua umum PAN saat itu, Soetrisno Bachir sebagai calon Wakil Presiden.

Namun pada akhirnya fakta kembali berbicara bahwa keduanya gagal masuk dalam kualifikasi, karena dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Hingga ditahun tersebut dirinya langsung banting setir dan berlabuh dengan berkoalisi bersama PDI-P. Yang pada akhirnya Pak Prabowo mundur sebagai Presiden menjadi wakil Presiden.

Yang saat itu mengusung sang ketua umum Partai Moncong Putih, Megawati Soekarnoputri sebagai calon Presiden.

Namun kembali lagi, pada akhirnya Prabowo gagal untuk yang kedua kalinya. Meski saat itu menggandeng Ibu Megawati yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Presiden pada tahun 2001 hingga 2004.

Pada akhirnya tahun 2009 kembali bapak SBY menjabat sebagai RI 1 untuk periode ke-2. Namun kali ini ketua umum Partai Demokrat ini mengusung Budiono sebagai Wakil Presiden.

Karena disaat yang bersamaan, Jusuf Kalla secara mengejutkan enggan kembali menjadi wakil Presiden. Dan mengusungkan diri menjadi orang nomor satu Indonesia.

Tahun 2014 – Rekam Jejak Prabowo Subianto

Rekam Jejak Prabowo Subianto Menuju RI 1 c

Pada tahun ini Pak Prabowo belum putus ada dan kembali maju. Karena pada waktu ini SBY dipastikan tidak bisa kembali mencalonkan diri sebagai RI 1 setelah sudah menjabat selama 2 Periode.

Dan kali ini Partai Gerindra sudah bukan partai baru dan memiliki cukup banyak masa. Tercatat dari tahun 2009 mereka hanya memiliki 26 kursi di DPR menjadi 73 kursi di DPR pada 2014 ini.

Pada tahun ini Pak Prabowo kembali menggandeng Partai Amanat Nasional alias PAN. Mengusung Hatta Rajasa yang sebelumnya menjabat sebagain menteri di masa kepresidenan SBY.

Bahkan saat itu partai Gerindra dan PAN tidak berdiri sendiri, saat itu mereka juga mendapatkan dukungan langsung dari Golkar, PKS dan PPP.

Namun pada akhirnya kembali gagal dan mengeluarkan nama Joko Widodo dan Jusuf Kallas sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Padahal saat itu rekam jejak Jokowi sangat singkat, setelah dirinya baru genap satu tahun menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Yang sebelumnya bermula sebagai gubernur Solo.

Pada tahun ini Prabowo sebenarnya tidak kalah telak, mereka hanya kalah kurang lebih 3 persen dari total suara.

Dan pada tahun ini dirinya kembali berusaha menjadi orang nomor satu Indonesia. Kali ini dirinay menggandeng wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno sebagai wakil Presiden.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *